Download Power Pint
Download Materi Lengkap
Konsep Dasar
Sistem
Sistem
berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang mempunyai
arti suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama
untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering
dipergunakan untuk menggambarkan suatu entitas yang berinteraksi.
Sistem juga
merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam
suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti
negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain
seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana
yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata
"sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam
forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan
pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam.
Dalam
pengertian umum, Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dan bekerja
sama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi yang dimaksud dengan sistem bisa
berbentuk apa saja dan berada dimana saja.
Dengan
diketahuinya suatu sistem maka
perlu diketahui pula
batasan–batasan dengan terbentuknya sistem tersebut. Batasan Sistem yaitu suatu batasan / kondisi yang memisahkan antara sistem dengan
sekitarnya. Sehingga terbentuk suatu wilayah yang berada di sekitar sitem itu
sendiri yaitu yang dinamakan Sub-sistem dan Supra sistem.
Sub-Sistem,
adalah bagian-bagian atau elemen-elemen yang mendukung tercapainya tujuan dari
pada sistem, Sedangkan Supra Sitem yaitu suatu lingkungan yang dipengaruhi
maupun mempengaruhi terhadap keberadaan
sistem.
Konsep Dasar
Informatika
Setiap aktivitas yang dilakukan
baik secara individu maupun secara kelompok, baik organisasi formal maupun
nonformal pasti memiliki dasar agar dapat melaksanakan aktivitas tersebut,
begitu juga dengan perusahaan ketika mereka akan melaksanakan aktivitas mereka
butuh dasar untuk melaksanakan aktivitas tersebut misalkan salah satu aktivitas
disalah satu departemen/bagian dalam perusahaan, contohnya dibagian produksi,
bagian produksi bisa melaksanakan aktivitas setelah ada informasi dari bagian
pemasaran, mengapa demikian karena bagian pemasaran memiliki sejumlah data atau
fakta dari aktivitas mereka yaitu melaksanakan aktivitas pemasaran antara lain
memperkenalkan dan menjual produk.
Sistem informasi mempunyai tiga
kegiatan utama, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian
memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data,
pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya
(output).
Perubahan
data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi
dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya.
Sistem
Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau
aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi
informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
Sistem
Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling
melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun
tulisan.
Sistem
Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses,
menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu;
kebanyakan Sistem Informasi menggunakan komputer.
Sistem
informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai
keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan
menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem
informasi diperlukan klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan
keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria
dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.
Sistem
informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan
sehingga membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output.
Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen
dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung
serta memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk
mendukung memecahkan masalah dan kebutuhan pengambilan suatu keputusan
manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.
Informasi
adalah hasil proses pengolahan data yang dipergunakan didalam pengambilan suatu
keputusan, adapun yang dimaksud data itu sendiri yaitu fakta atau bagian dari
fakta yang mengandung arti bisa berupa angka, huruf, situasi maupun kondisi.
Dari proses
tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : Data diproses, dari hasil proses
bisa berbentuk informasi dan bisa berbentuk data, sedangkan hasil proses
tersebut bisa berbentuk informasi apabila hasil dari pada proses dipergunakan
untuk mengambil suatu keputusan, sedangkan apabila hasil proses tersebut tidak
dipergunakan untuk mengambil suatu keputusan tetapi disimpan disuatu file
tertentu (Database) maka hasil proses dinamakan data. Karena dari hasil proses
tersebut akan dipergunakan lagi sebagai data, dan membutuhkan proses yang pada
akhirnya dipergunakan sebagai informasi
dimasa mendatang.
Konsep Dasar
Manajemen
Kata
"manajemen" tampaknya sudah begitu sering kita dengar. Manajemen erat
kaitannya dengan konsep organisasi. Sehubungan dengan hat tersebut, maka ada
baiknya kita memahami dulu pengertian dari organisasi. Menurut Griffin (2002),
organisasi adalah a group of people working together in a structured and
coordinated fashion to achieve a set of goals. Organisasi adalah sekelompok
orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai
serangkaian tujuan tertentu. Atau dengan bahasa lain, penulis mendefinisikan
organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu
dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
Griffin
mengemukakan bahwa paling tidak organisasi memiliki berbagai sumber daya,
seperti sumber daya manusia (human resources), sumber daya alam (natural
resources), sumber daya dana (financial resources) atau keuangan (funds), serta
sumber daya informasi (infor¬mational resources). Bagaimana keseluruhan sumber
daya tersebut dapat dikelola melalui kerja sama dari orang-orang yang berbeda
sehingga tujuan organisasi dapat dicapai? Di sinilah peran dari manajemen
diperlukan. Manajemen diperlukan ketika terdapat sekumpulan orang-orang (yang
pada umumnya memiliki karakteristik perbedaan) dan sejumlah sumber daya yang
harus dikelola agar tujuan sebuah organisasi dapat tercapai.
sangat berguna ijin minta materinya ya?
ReplyDelete